UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JL. RE. Martadinata NO. 150 Tlp. (0265)772192
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
SEMESTER GASAL
TAHUN AKADEMIK 2012 -2013
Nama : Iis Siti Aisyah
NIM : 2108120198
Kelas : 1F
Prodi : Bahasa dan Sastra Indonesia
Mata Kuliah : Landasan Pendidikan
Dosen : Ending Suhandi
1. Mengapa Nativisme menolak pengaruh pendidikan? Jelaskan alasannya!
Jawab :
Karena aliran Nativisme merupakan faham yang menyatakan bahwa manusia ditentukan pembawaan. Jadi nativisme berpendapat bahwa manusia tidak perlu dididik karena karakter manusia sudah ada sejak lahir.
2. Nativisme disebut juga pesimis paedagogik, jelaskan maksudnya!
Jawab :
Nativisme disebut juga pesimisme paedagogik karena faham ini berpendapat bahwa pendidikan tidak membawa manfaat bagi manusia.
3. Mengapa naturalisme menolak pengaruh pendidikan? Jelaskan alasannya!
Jawab
Karena naturalisme berpendapat bahwa semua anak dilahirkan membawa pembawaan baik, justru rusaknya seorang anak dipengaruhi lingkungan dan pendidikan orang dewasalah yang merusak karakter baik anak.
4. Naturalisme disebut juga Negative paedagogik, jelaskan maksudnya!
Jawab :
Disebut Negative paedagogik karena menurut aliran naturalisme sifat manusia tumbuh menurut qodrat alam. Dan anak tidak perlu mendapatkan pendidikan ataupun campur tangan lingkungan. Agar sifat anak yang baik itu tidak rusak atau menjadi buruk dikarenakan faktor manusia melalui proses pendidikan ataupun lingkungan.
5. Jelaskan perbedaan nativisme dan naturalisme tentang pembawaan manusia!
Jawab :
Keduanya memiliki perbedaan , menurut aliran nativisme keberhasilan proses pendidikan itu berasal dari dalam diri anak itu sendiri, dan lingkiungan kurang mempengaruhi dan merubah perkembangan anak. Sedangkan menurut Naturalisme bahwa setiap anak dilahirkan dalam keadaan yang baik, namun lingkungan dan penidikan orang dewasa yang merusak pembawaan baik anak itu. Dan tidak boleh ada pengaruh dari lingkungan ataupun pendidikan.
6. Mengapa empirisisme menganggap penting pendidikan? Jelaskan alasannya!
Jawab :
Karena menurut aliran empirisisme faktor pembawaan dalam diri anak tidak ada sedikitpun pengaruh pada perkembangan anak, sedangkan lingkungan berpengaruh pada perkembangan anak. Anak dilahirkan dalam keadaan kosong tidak membawa apa-apa. Jadi menurut aliran ini manusia perlu dididik agar anak bisa berkembang dengan baik.
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JL. RE. Martadinata NO. 150 Tlp. (0265)772192
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
SEMESTER GASAL
TAHUN AKADEMIK 2012 -2013
Nama : Iis Siti Aisyah
NIM : 2108120198
Kelas : 1F
Prodi : Bahasa dan Sastra Indonesia
Mata Kuliah : Landasan Pendidikan
Dosen : Ending Suhandi
1. Mengapa Nativisme menolak pengaruh pendidikan? Jelaskan alasannya!
Jawab :
Karena aliran Nativisme merupakan faham yang menyatakan bahwa manusia ditentukan pembawaan. Jadi nativisme berpendapat bahwa manusia tidak perlu dididik karena karakter manusia sudah ada sejak lahir.
2. Nativisme disebut juga pesimis paedagogik, jelaskan maksudnya!
Jawab :
Nativisme disebut juga pesimisme paedagogik karena faham ini berpendapat bahwa pendidikan tidak membawa manfaat bagi manusia.
3. Mengapa naturalisme menolak pengaruh pendidikan? Jelaskan alasannya!
Jawab
Karena naturalisme berpendapat bahwa semua anak dilahirkan membawa pembawaan baik, justru rusaknya seorang anak dipengaruhi lingkungan dan pendidikan orang dewasalah yang merusak karakter baik anak.
4. Naturalisme disebut juga Negative paedagogik, jelaskan maksudnya!
Jawab :
Disebut Negative paedagogik karena menurut aliran naturalisme sifat manusia tumbuh menurut qodrat alam. Dan anak tidak perlu mendapatkan pendidikan ataupun campur tangan lingkungan. Agar sifat anak yang baik itu tidak rusak atau menjadi buruk dikarenakan faktor manusia melalui proses pendidikan ataupun lingkungan.
5. Jelaskan perbedaan nativisme dan naturalisme tentang pembawaan manusia!
Jawab :
Keduanya memiliki perbedaan , menurut aliran nativisme keberhasilan proses pendidikan itu berasal dari dalam diri anak itu sendiri, dan lingkiungan kurang mempengaruhi dan merubah perkembangan anak. Sedangkan menurut Naturalisme bahwa setiap anak dilahirkan dalam keadaan yang baik, namun lingkungan dan penidikan orang dewasa yang merusak pembawaan baik anak itu. Dan tidak boleh ada pengaruh dari lingkungan ataupun pendidikan.
6. Mengapa empirisisme menganggap penting pendidikan? Jelaskan alasannya!
Jawab :
Karena menurut aliran empirisisme faktor pembawaan dalam diri anak tidak ada sedikitpun pengaruh pada perkembangan anak, sedangkan lingkungan berpengaruh pada perkembangan anak. Anak dilahirkan dalam keadaan kosong tidak membawa apa-apa. Jadi menurut aliran ini manusia perlu dididik agar anak bisa berkembang dengan baik.
7. Mengapa konvergensi/interaksionisme menganggap penting pendidikan? Jelaskan alasannya!
Jawab :
Karena menurut aliran konvergensi/interaksionisme berpendapat bahwa fakto pembawaan, lingkungan dan pendidikan sama-sama penting dalam perkembangan anak. Bakat yang dibawa oleh anak bisa berkembang apabila didukung oleh lingkungan dan pendidikan yang baik. jadi menurut aliran konvergensi anak harus dididik agar bakat yang dibawa sejak lahir dapat berkembang dan tetap terjaga dengan baik
8. Jelaskan perbedaan empirisisme dan konvergensi tentang peranan pembawaan terhadap perkembangan individu!
Jawab :
Empirisisme: Faktor pembawaan tidak penting dalam perkembangan anak, tapi lingkungan sangat penting dalam proses perkembangan anak.
Konvergensi: Faktor bawaan, lingkungan dan pendidikan sama-sama pentingnya dalam proses perkembangan anak.
9. Menurut pendapat saudara, manusia itu perlu dididik atau tidak? Jelaskan alasannya!
Jawab :
Menurut pendapat saya manusia perlu dididk karena manusia memang bisa dididik. Selain itu, dengan pendidikan manusia dapat mengembangkan bakat bawaan yang sudah ada dalam dirinya. Meskipun ada sebagian aliran yang menyatakan manusia tidak perlu untuk dididik.
10. Apa yang dimaksud dengan sifat hakiki manusia? Jelaskan!
Jawab :
Sifat hakiki manusia diartikan sebagai ciri-ciri karakteristik yang secara prinsipil membedakan manusia dengan mahluk lainnya. Artinya melalui sifat-sifat karakteristik manusia ini, manusia dapat mengetahui sifat manusia secara utuh.
11. Apa yang dimaksud dengan kemampuan menyadari diri? Jelaskan!
Jawab :
Kemampuan menyadari diri diartikan sebagai manusia mempunyai kemampuan menyadari diri sendiri sehingga manusia bisa membedakan dirinya dengan yang lainnya dan manusia dapat membuat jarak antara dirinya dengan lingkungan berupa pribadi atau benda.
12. Apa yang dimaksud dengan kemampuan bereksistensi? Jelaskan!
Jawab :
Kemampuan bereksistensi artinya manusia mempunyai keeksistensian yaitu dengan cara dibina melalui pendidikan, yaitu agar peserta didik belajar dari pengalama, belajar melihat masa depan dari sesuatu dan dapat mengembangkan kreasi sejak masa kanak-kanak.
13. Jelaskan fungsi kata hati/hati nurani/qolbu!
Jawab :
Fungsi kata hati adalah mengarahkan manusia kejalan yang baik dan mampu membuat keputusan baik atau benar.
14. Jelaskan makna moral menurut behavioristik dan kognitivistik!
Jawab :
Moral behavioristik : menekankan pada aspek kemampuan perilaku yang diwujudkan dengan cara kemampuan merespons terhadap stimulus yang datang kepada dirinya.
Moral kognitip : Lebih menekankan bagaimana proses atau upaya untuk mengoptimalkan kemampuan aspek rasional yang dimiliki oleh orang lain.
15. Jelaskan makna tanggungjawab !
Jawab :
Tanggung jawab berarti kesediaan menerima resiko atau konsekuensi atas perbuatan yang dilakukan oleh orang tersebut.
16. Jelaskan hubungan kata hati dengan moral dan tanggungjawab!
Jawab :
Hubungan kata hati, moral dan tanggung jawab bisa dikaitkan dengan pedoman, melakukan dan menanggung konsekuensi dari perbuatan. Kata hati dijadikan pedoman atas moral atau perbuatanya sehingga ia bertanggung jawab yaitu menerima segala resiko atas perbuatannya.
17. Mengapa dalam bertanggung jawab memerlukan keberanian? Jelaskan!
Jawab :
Orang yang menanggung tanggung jawab atas dasar keberanian , akan dapat menerima sanksi ( oleh kata hati,masyarakat dan norma agama) yang ditentukan, dengan kesadaran diri dan kerelaan.
18. Jelaskan makna kewajiban dan hak !
Jawab :
Kewajiban : adalah sesuatu yang dilakukan dengan tanggung jawab dan tidak boleh untuk ditinggalkan.
Hak : adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung pada si pemilik hak tersebut. Biasanya hak bisa didapatkan setelah melaksanakan tanggung jawab.
19. Jelaskan hubungan kewajiban dan hak !
Jawab :
Hubungan hak dan Kewajiban : Kewajiban dan hak merupakan gejala yang timbul sebagai suatu manifestasi manusia sebagai mahluk sosial. keduanya saling berkaitan , dimana seseorang menuntut hak, maka disitu ada pihak lain yang wajib memberikan hak. Jadi pada intinya tak ada hak tanpa kewajiban.
20. Kebebasan yang bagaimana yang dimiliki oleh manusia? Jelaskan!
Jawab :
Kebebasan manusia itu meruju pada kebebasan dalam segala aspek perbuatan, pilihan dan pergaulan. Namun kebebasan manusia akan semu jika bertentangan dengan kata hati, norma agama atau masyarakat. Karena itulah kebesan manusia bisa ia rasakan apabila ia mengikuti kata hatinya, yaitu kata hati yang sesuai dengan kodrat manusia.
21. Bagaimana caranya agar manusia merasakan kebahagiaan?
Jawab :
Manusia akan merasakan kebahagiaan apabila ia sanggup menghayati setiap kejadian yang dialaminya dengan keheningan jiwa, dan menundukkan hal-hal yang dialaminya dalam ikatan tiga hal. Yaitu usaha, morma dan takdir.
22. Apa upaya yang harus dilakukan untuk menghilangkan stress?
Jawab :
Upaya seseorang untuk menghilangkan stres itu beragam cara, tergantung dengan kebiasaan dan kemampuan dirinya. Akan tetapi disini ada beberapa cara yang bisa digunakan seseorang untuk menghilngkan stres. Seperti berdzikir, berdo’a kepada Allah agar dimudahkan dalam segala urusan, berfikir positif terhadap diri sendiri, menahan diri dari perbuatan negatif, bergaul dengan orang-orang optimistis, istirahat yang cukup, melakukan relaksasi dengan melakukan hobby, dengan cara berbagi atau curhat pada orang yang dipercaya, dan membuat hidup lebih berarti dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat.
Pak Ending S. dosen yang sering merokok disaat mengajar! hehe
BalasHapus7 soal lagi kok ga ada kak? kan semuanya 29 soal
BalasHapusmgkin krna sptinya Pa Ending tau ade bakal lihat jwabn dr sini, makanya pa Ending tambahkan soalnya hhe
BalasHapusASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
BalasHapus1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000